SEJARAH BHINNEKA FEST

Di tahun 2017, bergerak dari visi dan misi untuk mewujudkan nilai-nilai Pancasila dan kebhinnekaan di Indonesia melalui  pengembangan talenta-talenta yang ada di setiap generasi muda di daerah, menggali setiap potensi mereka khususnya dalam seni dan budaya tergagas lah suatu nama Nyanyian Indonesia. Pentingnya mengangkat kembali kekayaan dan keberagaman daerah Indonesia di generasi milenial, dimana generasi ini sudah mulai kehilangan sejarah dan kepedulian atas keberagaman bangsa Indonesia.
 
Nyanyian Indonesia dibentuk mulai dari kelompok kecil di kota Padang dan berkembang ke daerah sekitarnya yaitu Lampung, Jambi, dan Bengkulu. Mereka dilatih dalam sebuah choir sesuai dengan talenta yang dimiliki kemudian anak-anak muda tersebut tampil di depan masyarakat umum sehingga potensi yang ada semakin terlihat dan semakin di asah secara profesional.
 
Atas dasar visi inilah Nyanyian Indonesia menggandeng Unit Kerja Presiden - Pemahaman Ideologi Pancasila (UKP-PIP) sehingga terbentuklah suatu rangkaian acara pagelaran bertajuk "Merajut Kebhinnekaan melalui Nyanyian Indonesia" di SICC Sentul 24 Oktober 2017 yang lalu. Sekitar kurang lebih 8000 mahasiswa Jabodetabek menyaksikan bukan hanya suatu pagelaran seni dan budaya namun rangkaian cerita sejarah dan ikrar Sumpah Pemuda. Nyanyian Indonesia menampilkan sekitar 300 orang dari Padang,Jambil,Bengkulu, dan Bandung yang bernyanyi bersama dalam satu choir. Selain itu juga menampilkan penari2 dari Bali,Papua,dan Aceh.
 
Antusiasme peserta kemudian mendorong terbentuknya kegiatan Bhinneka Festival yang akan roadshow ke tujuh kota di Indonesia. Namun, kini Bhinneka Fest bukan lagi hanya sekedar pagelaran saja namun penyebaran nilai-nilai Pancasila dan kebhinnekaan melalui talkshow, bilik budaya, dan kompetisi yang menjadi sarana edukasi bagi peserta mengenal keberagaman dan sejarah Indonesia. Bhinneka Fest juga mengajak para generasi muda untuk ikut serta bergabung dengan cara mengikuti kompetisi yang mengangkat muatan lokal di Indonesia melalui pendekatan yang disesuaikan kemajuan zaman. Melalui kegiatan ini diharapkan visi dan misi mewujudkan nilai-nilai Pancasila dan kebhinnekaan di Indonesia semakin terwujud nyata.

 

JOIN OUR NEWSLETTER

Sign up to receive the latest BhinnekaFest news updates